Bawang Goreng

Nion - nion
Agar Bawang Putih Goreng Tidak Pahit

Agar Bawang Putih Goreng Tidak Pahit

3 Tips Simple Agar Bawang Putih Goreng Buatan Kamu Tidak Pahit

Bawang Goreng – Memasak agar bawang putih goreng tidak terasa pahit akan menjadi mudah jika kamu memahami karakteristik dari bawang. Bawang putih pada dasarnya sudah memiliki rasa yang getir saat dimakan mentah. Rasa tersebut masih akan terasa bahkan setelah dimasak. Namun rasanya bisa berubah menjadi pahit, tergantung bagaimana kamu mengolahnya.

Rasa bawang putih yang getir dan pahit bisa dibilang alami, atau bawaan dari tumbuhan tersebut. Oleh karena itu, yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa pahit atau getir pada bawang putih dengan cara mengalihkan atau mengurangi. Karena rasa tersebut adalah bawaan, maka tak bisa dihilangkan. Cara yang tepat yaitu membuatnya memiliki rasa baru yang lebih kuat atau mencegahnya menjadi lebih getir/pahit.

Nah, berikut ini 3 tips simple agar bawang putih goreng buatan kamu tidak pahit saat dimakan. Tips ini sebagian berlaku untuk bawang putih yang diolah atau bukan dimakan mentah. Namun, sebagiannya lagi bisa dicoba saat akan memakan bawang putih mentah.

Are you ready? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Pilih Bawang Putih Yang Masih Segar

Apapun yang masih segar, pasti memiliki rasa yang lebih baik dibandingkan yang sudah layu apalagi membusuk. Demikian juga dengan bawang putih yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Sebelum dimasak atau dimakan mentah, pastikan bawang putih dalam keadaan segar.

Bawang putih yang isinya sudah lembek, berwarna kecoklatan, rasanya akan lebih pait juga getir. Jika diolah menjadi bawang putih goreng, rasanya benar-benar pahit dan tidak enak. Begtu juga dengan bawang putih yang telah tumbuh tunas. Jika tunas terbawa saat dipotong, maka rasa pahitnya akan bertambah.

Jadi, saat akan memasak bawang goreng usahakan pilih bawang putih yang masih bagus, dan belum bertunas. Ciri bawang putih yang segar yaitu tidak lembek, kulit bawang kering, bawang tidak menciut atau keriput, dan tidak tumbuh tunas.

2. Cuci Bersih Dengan Garam

Di China, teknik yang sering digunakan saat mencuci bahan makanan adalah menggunakan garam atau cuka. Larutan cuka dianggap mampu memperlambat proses oksidasi sehingga bahan makanan bisa lebih awet dan tidak mudah berubah warna. Sementara garam efektif untuk membunuh kuman atau zat yang menempel. Sehingga proses pencucian menjadi lebih bersih.

Sementara itu, step yang perlu kamu terapkan sebelum membuat bawang putih goreng yaitu mencucinya dengan air garam. Selain agar bersih bebas bakteri, merendam bawang putih dengan garam juga akan membuatnya memiliki rasa. Rasa asin yang menempel pada bawang putih akan menutupi rasa pahit saat digoreng. Ini yang dinamakan mengalihkan rasa alami dengan rasa lain yang lebih kuat.

Jika setelah direndam tetap kurang terasa, kamu bisa melarutkan 1 sdt garam pada piring kecil. Lalu saat bawang putih digoreng, cipratkan air larutan garam tersebut di atasnya saat masih mentah. Dijamin bawang putih goreng tidak pahit, melainkan gurih.

3. Segera Digoreng

Mirip seperti apel dan kentang, bawang putih juga cepat mengalami perubahan warna setelah dikupas dari cangkangnya. Semakin gelap warna bawang, maka rasanya juga akan menjadi makin pahit dan getir. Oleh karena itu, jika kamu akan memasak bawang putih dalam jumlah banyak. Irislah secukupnya, sesuai porsi satu kali memasak. Agar tak ada irisan bawang putih yang menunggu dimasak.

Gimana, mudah bukan membuat agar bawang putih goreng tidak pahit? Kamu bisa menerapkan tips tersebut ke beberapa bahan masakan atau bahkan saat memakan apel. Ada banyak ilmu yang bisa kamu ambil dari sekedar memasak bawang putih goreng. Karena, olahan bawang putih goreng sudah banyak dijual oleh para produsen bawang goreng. Jadi, tak perlu menyibukkan diri dengan hal tersebut.

Gimana menurut kamu?

Artikel Terkait