Bawang Goreng

Nion - nion
Manfaat-Bawang-Goreng-untuk-Diet-NION-NION

Manfaat Bawang Goreng untuk Diet

Manfaat Bawang Goreng untuk Diet – Kita sering menggunakan bawang goreng hampir di setiap masakan yang dibuat. Namun sayangnya, kita tak pernah menyadari potensi besar dari umbi berwarna merah tersebut.

Nyatanya bawang goreng dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Ada manfaat bawang goreng untuk diet!

Memiliki kelebihan lemak di perut atau di pingang menjadi gangguan yang umum dirasakan, baik oleh laki-laki maupun perempuan. Namun, masalah tersebut rasanya lebih mengganggu bagi kaum hawa.

Pasalnya, ada standar kecantikan dalam masyarakat terkini yang menganggap bahwa memiliki lemak berlebih berarti tidak ideal.

Standar itulah yang kemudian membuat kita rela melakukan diet. Untuk menjaga proporsi tubuh tetap seimbang dan tidak ada lemak berlebih.

Saat akan menurukan berat badan, kita harus menghitung kandungan kalori dalam makanan. Kamu mungkin pernah melihatnya di drama-drama korea. Mereka tidak mau memakan makanan dengan kalori tinggi.

Selain menghitung kalori, diet berarti kamu harus menghindari makanan tertentu dan menambahkan makanan sehat lain ke dalam list. Jika kamu bertanya makanan apa yang perlu ditambahkan? Jawabannya adalah bawang merah atau bawang merah goreng!

Nutrisi Dalam Bawang Merah

Manfaat-Bawang-Goreng-untuk-Diet-Nion-Nion

Bawang merah adalah bumbu masakan yang selalu ada di dapur, tersaji di setiap hidangan. Dari kecil sampai beranjak dewasa, bahan tersebut selalu ada dan tak pernah tertinggal. Namun kita yang tak menyadari bahwa bawang merah atau bawang goreng memiliki fungsi yang luar biasa.

Manfaat bawang goreng untuk diet didasari dari kandungan nutrisi yang ada dalam bawang merah mentah. Dilansir dari USDA (U.S Department of Agriculture), dalam 1 gelas atau 160gr bawang merah cincang, terdapat nutrisi sebagai berikut:

64 kalori6.78g gula12% dari kebutuhan harian vitamin C
15gr karbohidrat1.76gr proteinVitamin B6 & Mangan
0.16gr lemak2.7gr seratDan sejumlah kecil kalsium, zat besi, magnesium dll.

Manfaat Bawang Goreng untuk Diet

Bawang merah adalah sumber serat larut yang menjadikannya prebiotik kuat atau asupan yang baik bagi pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan.

Untuk memakasimalkan peranannya dalam diet menurunkan berat badan, Langkah terbaik adalah mengonsumsinya secara mentah. Bisa juga direbut atau dibuat sup, dengan demikian nutrisinya tidak banyak hilang, karena tidak terkena panas.

Manfaat-Bawang-Goreng-untuk-Diet-2

Penasaran Dengan Bawang Gorengnya?

Namun, tak banyak orang mampu mengonsumsi bawang merah mentah. Rasanya yang ketir dan tidak begitu enak seringkali dihindari. Hanya sebagian kecil saja yang mampu mengonsumsinya dalam kondisi ideal alias mentah.

Oleh karena itu, manfaat bawang goreng untuk diet berlaku juga di sini. Bawang goreng digunakan sebagai alternatif dari olahan bawang merah yang tak mampu kita konsumsi. Meski efeknya tidak lebih baik dari yang mentah, namun masih mendapatkan nutrisinya.

Kamu hanya perlu memakan bawang goreng dengan jumlah yang wajar. Pastikan bawang goreng tidak mengandung banyak minyak. Kelebihan minyak malah akan mengganggu diet.

Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan bawang goreng Nion-nion, bebas dari minyak berlebih dan tidak kelebihan garam. Produksinya juga lebih aman, karena sudah memiliki izin edar dan label halal. Kamu bisa agak tenang.

Kalau kamu mau diet, kira-kira tim mana nih. Makan bawang merah mentah atau pilih bawang goreng aja?

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait