Bawang Goreng

Nion - nion
Resep Sambal Bawang Goreng

Resep Sambal Bawang Goreng Embe Bali

Resep Sambal Bawang Goreng – Bawang goreng tidak hanya digunakan sebagai pelengkap masakan. Namun juga bisa dijadikan bahan utama untuk membuat hidangan lezat, contohnya sambal bawang goreng. Resep sambal bawang goreng ini terinspirasi dari sambal khas bali yang memadukan aneka bawang goreng dengan cabai.

Sambal embe, itulah namanya. Embe sendiri memiliki arti bawang goreng dalam bahasa bali, bahan dasar dari hidangan ini. Sambal bawang goreng ini memang tak semasyhur sambal matah yang sudah dinikmati hampir di banyak tempat di Indonesia. Namun, rasa sambal bawang goreng in juga tak kalah nikmatnya. Sambal embe bahkan sangat mudah disajikan dan dibuat dibandingkan sambal pada umumnya.

Sambal bawang goreng embe tidak ditumbuk. Hanya menggunakan irisan semua bahan dan digoreng bersama-sama. Karena itulah, resep sambal bawang goreng ini secara rasa dan tampilan berbeda dengan sambal yang umumnya “ditumbuk halus atau agak kasar”.

Cara Membuat Sambal Bawang Goreng

Bahan yang Diperlukan:

  • 10 siung bawang merah setara dengan 8 sdm bawang goreng Nion nion
  • 4 siung bawang putih / 2 sdm bawang putih goreng
  • 10 buah cabai
  • ½ sdt terasi
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam dan gula
Resep Sambal Bawang Goreng Bali
  1. Iris bawang merah, bawang putih dan cabai dengan ukuran yang tidak terlalu tipis dan tebal. Sebaiknya irisannya sama tidak jomplang. Karena irisan yang terlalu tipis bisa membuat bawang goreng mudah gosong.
  2. Goreng bawang merah dengan api sedang saja hingga tampak setengah matang. Lalu masukkan bawang putih, goreng hingga warnanya berubah kuning keemasan. Ingat untuk selalu mendahulukan menggoreng bawang merah daripada bawang putih. Karena bawang putih lebih cepat matang, dan jika pinggirannya berubah coklat semua. Hasilnya mungkin jadi pahit.
  3. Angkat bawang goreng terlebih dahulu
  4. Selanjutnya goreng cabai merah yang telah kita iris-iris dengan minyak yang sama dengan bawang goreng. Masak selama 1 menit dan masukkan terasi, lalu goreng lagi. Perhatikan agar terasi tidak menjadi gosong.
  5. Matikan api dan angkat.
  6. Siapkan wadah, masukkan semua bahan yang sudah digoreng pada wadah tersebut. Lalu aduk rata.
  7. Sambal bawang goreng bali siap untuk disajikan.
Sumber gambar : cookmeindonesian

Itu adalah resep sambal bawang goreng bali dengan bahan-bahan mentah. Ada dua proses memasak, yaitu menggoreng bawang, lalu sambal dan terasi. Cara ini bisa lebih diringkas jika kamu sedang dalam keadaan terburu-buru atau camping. Gunakan bawang goreng nion nion, baik itu untuk bawang merah goreng atau bawang putih goreng. Sehingga kamu hanya perlu memasak bagian kedua saja.

Aduk bahan bersama-sama, maka hasilnya tak jauh berbeda. Lebih praktis dan gurih, juga ada sensasi kriuk tahan lama. Karena bawang goreng dari Nion nion tidak mudah lembek. Jika ingin tetap crispi saat dimakan, campurlah kedua bahan hanya saat akan memulai makan saja. Mudah bukan?

Itulah dua cara mudah memasak sambal bawang goreng embe bali yang bisa kamu tiru juga di rumah.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait