Bawang Goreng

Nion - nion
Bisnis Bawang Goreng Online

Bisnis Bawang Goreng Online

3 Langkah Wajib Sebelum Memulai Bisnis Bawang Goreng Online

Bawang Goreng – Memulai bisnis bawang goreng online perlu perencanaan dan persiapan yang matang. Meskipun terlihat sebuah ide bisnis yang sederhana dan tampak memiliki jumlah pasar yang luas dan menyebar. Namun, saingan dari ide bisnis bawang goreng juga luar biasa banyaknya. Apabila perencanaan dasar hingga strategi penjualan tidak ditentukan lebih dulu, maka rentan terbawa arus dan tidak memiliki fondasi bisnis yang kuat.

Ada beberapa Langkah wajib yang perlu kamu persiapkan sebelum menjalankan bisnis bawang goreng online. Apa saja 3 langkah wajib tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mencari Supplier

Bagi seorang pemula, membangun bisnis bawang goreng online sebaiknya dimulai dengan tidak memproduksi sendiri. Karena bisnis yang baru saja dimulai, belum memiliki database pelanggan dan masih dalam proses mencari konsumen. Kalau kamu memproduksi bawang goreng sendiri, maka modal akan habis untuk proses produksi. Sedangkan, kebutuhan selanjutnya masih banyak yang perlu diperhatikan.

Belum lagi jika penjualan bawang goreng yang lambat, maka kamu akan menanggung seluruh kerugian. Oleh karena itu, sebagai pemula disarankan untuk mencari supplier atau produsen bawang goreng untuk memasok kebutuhan bawang goreng online milik kamu. Dengan demikian, kamu hanya perlu menyimpan sejumlah bawang goreng untuk penjualan. Jika sudah habis bisa memesan lagi.

Tak perlu khawatir, supplier, agen dan distributor biasanya mengambil barang langsung dari pabriknya. Jadi, jika kamu membeli bawang goreng di distributor bawang goreng sebagai tangan pertama. Maka, harga beli dan jual akan memiliki sejumlah keuntungan. Dan jualan kamu masih bisa bersaing di pasaran. Apalagi dengan tim yang masih sedikit, kamu bisa menekan harga jual. Karena biaya operasional masih sebanding.

2. Membangun Tim

Meskipun tidak banyak, sebelum memulai bisnis bawang goreng online, kamu perlu sebuah tim yang bisa membantu kamu menjalankan jual beli. Di mana tim yang harus kamu miliki yaitu customer service, finance, marketing dan packing. Di mana 4 bagian dalam tim tersebut berperan penting untuk menjalankan tugas sebagai berikut.

  • Customer service (CS), berperan penting untuk membalas setiap pertanyaan konsumen, mencetak resi penjualan, dan menangani complain jika ada, membalas ulasan pembeli
  • Finance, orang yang bertugas mendata semua pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Melakukan stock opname untuk meminimalkan risiko barang kurang atau selisih barang
  • Marketing, orang yang menata isi marketplace, melakukan promosi iklan atau ads, dan memeriksa harga pasar dan persaingan dalam marketplace
  • Packing, orang yang berperan untuk mengemas pesanan

Itu adalah tim utama yang sebaiknya kamu miliki untuk memula bisnis online. Jika ada bagian yang bisa kamu kerjakan sendiri, maka kamu tidak perlu mencari orang lain.

Seharusnya, orang yang menata marketplace adalah tim desain. Namun, sebagai pemula kamu tidak perlu merekrut banyak orang. Setelah bisnis mulai berjalan dan omset mulai naik, kamu bisa melengkapi tiim secara perlahan.

3. Membangun Marketplace

Saat mulai membangun marketplace, sebaiknya tidak hanya membuka toko pada satu tempat. Melainkan gunakanlan beraneka platform belanja online untuk menjual bawang goreng yang kamu miliki. Kenapa perlu demikian? Agar jika terjadi masalah pada salah satu platform, maka kamu masih punya backup dari marketplace lain.

Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk menjaring lebih banyak konsumen. Karena biasanya pada daerah, jenis kelaminm dan kalangan tertentu, penggunaan marketplace berbeda-beda. Seperti shopee yang identik dengan konsumen perempuan, Tokopedia yang diminati laki-laki, dan Lazada yang tenar di perkampungan.

Jika kamu memulai bisnis bawang goreng online di berbagai marketplace. Maka kamu memilliki kemungkinan untuk mendapatkan konsumen dari semua kalangan.

Setelah membaca 3 langkah wajib sebelum memulai bisnis bawang goreng online, kamu pasti sudah memiliki bayangan bukan tentang langkah selanjutnya. Langkap pertama yang perlu dilakukan adalah mencari supplier bawang goreng yang akan mensuplai kebutuhan bisnis kamu.

Apabila kamu berminat membuka bisnis bawang goreng, sebaiknya hubungi seller bawang goreng Nion-nion. Merek Nion nion adalah supplier bawang goreng dari pabrik langsung. Jika kamu ingin mendapatkan suplai bawang goreng dengan keuntungan yang sepadan. Kamu bisa mendaftar menjadi reseller, lalu dirikan toko mu dengan nama yang berbeda.

Gimana, mudah bukan?

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Bawang Goreng – Agar bawang goreng tidak melempem, diperlukan usaha lebih untuk melakukannya. Kita seringkali mendengar keluhan bahwa sangat sulit

Tumis Bawang Merah Goreng

Tumis Bawang Merah Goreng

Bawang Merah Goreng – Tumis bawang merah goreng adalah salah satu hidangan yang bisa memberikan efek ‘kecanduan’ setelah memakannya. Kamu