Bawang Goreng

Nion - nion
Dampak Negatif Makan Bawang Goreng

Dampak Negatif Makan Bawang Goreng

Bawang Goreng – Dampak negatif makan bawang goreng setiap hari atau terlalu banyak, belum diketahui secara pasti, karena belum ada penelitian yang menyeluruh. Namun, jika itu menyangkut dengan bawang merah, ada dampak negatifnya.

Bawang merah sebagai bahan dasar dari bawang goreng sangat terkenal dengan manfaatnya. Bahkan dijuluki “queen of vegetables” atau ratunya sayuran. Berdasarkan namanya saja, bisa dibilang bawang merah memiliki banyak nutrisi dan vitamin, menyehatkan bagi tubuh melebihi sayuran yang lain.

Meski menyehatkan, jika dikonsumsi berlebihan atau too much, ada dampak negatifnya. Dilansir dari Quora.com, bawang merah atau bawang Bombay memiliki banyak kandungan fruktan dibandingkan dengan sayuran lain.

Apa itu Fruktan?

Fruktan adalah karbohidrat yang berperan untuk menjaga Kesehatan tubuh, bahkan bisa mencegah kanker dan penyakit kronis lainnya. Karbohidrat tersebut juga merupakan nutrisi bagi bakteri baik dalam usus.

Namun, fruktan tidak dapat diserap dan dicerna oleh tubuh, karena tidak ada ezim yang dapat menguraikannya. Akibatnya, saat kamu mengonsumsi bawang merah terlalu banyak, fruktan dalam jumlah besar akan menumpuk dalam usus. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah pada usus. Seperti kembung, sakit perut dan sebagainya.

Bawang merah umumnya sangat aman dikonsumsi. Sangat jarang ada yang mengalami dampak negatif setelah mengonsumsinya. Tetapi, ada beberapa orang yang memiliki alergi bawang. Masalah yang terjadi sama dengan saat makan bawang merah terlalu banyak.

Jika kamu merasakan hal tersebut setelah memakan bawang merah atau bawang goreng, mungkin kamu memiliki alergi. Meskipun menurut BBC.com alergi ini jarang terjadi, tapi ada orang-orang yang pencernaannya tak dapat mentoleransi fruktan.

Apakah Dampaknya Sama dengan Bawang Goreng?
Sumber gambar: New york times

Seharusnya tidak sama. Seperti halnya kandungan nutrisi yang berbeda antara bawang goreng dan bawang merah mentah. Dampak negatif makan bawang goreng juga tak akan sama dengan memakan bawang merah mentah.

Setelah digoreng, karena dipanaskan, ada banyak nutrisi yang hilang. Untuk program diet, bawang goreng adalah solusi kesekian atau alternatif jika kamu tak dapat memakan bawang merah mentah atau rebus. Solusi terbaik untuk mengurangi dampak makan bawang goreng atau bawang merah bagi orang yang memiliki alergi, adalah tidak menjadikannya sebagai makanan utama.

Segala sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik. Meskipun awalnya memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan dampak negatif yang mungkin saja terjadi. Sebaiknya mengonsumsi sesuatu sekadarnya saja.

Bawang Goreng

Jika kamu menyukai bawang goreng atau amat sangat menyukainya. Pastikan untuk memakan bawang goreng yang rendah minyak. Karena salah satu alasan mengapa makanan yang digoreng itu kurang sehat adalah mengandung minyak berlebih.

Oleh karena itu, untuk bawang goreng yang rendah minyak, kamu bisa mencoba bawang goreng Nion-nion. Saat proses produksi, minyak sudah benar-benar dikeringkan dengan mesin. Jadi tak banyak yang tertinggal. Kamu bisa merasa sedikit lega.

Kalau kamu ingin mencobanya, silahkan klik di sini. Bisa juga melihat langsung halaman produk pada website bawang goreng Nion nion.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait