Bawang Goreng

Nion - nion
Jenis Cuka untuk Bawang Goreng

Jenis Cuka untuk Bawang Goreng

Jenis Cuka untuk Bawang Goreng – Sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak fungsi tidak hanya untuk masakan. Cuka memiliki banyak jenis dengan rasa yang berbeda-beda tergantung bahan dasar sebelum dilakukan fermentasi. Perbedaan ini juga menghasilkan rasa yang berbeda, sehingga orang memilahnya. Begitu pula dengan jenis cuka untuk bawang goreng, tak semua cuka cocok untuk dipakai.

Secara umum, cuka memiliki beberapa jenis. Mungkin salah satunya pernah kamu temui di pasaran atau di dapur. Setidaknya ada 6 jenis cuka yang akan kita bahas dalam artikel ini. Di mana salah satunya adalah jenis cuka untuk bawang goreng.

1. Cuka Balsamic

Cuka ini terbuat dari anggur utuh yang diperas kemudian difermentasi. Warnanya coklat tua dan kental, teksturnya terasa lembut, rasanya juga lebih manis jika dibandingkan jenis cuka lainnya. Cuka ini biasa digunakan untuk saus salad.

2. Cuka Beras

Seperti namanya, cuka ini berasal dari beras yang difermentasi. Orang asia sering menggunakannya untuk acar, sushi, masakan tumis dan lainnya. Karena rasanya tidak terlalu asam, melainkan lebih manis dan lembut.

3. Cuka Anggur

Terbuat dari anggur merah atau anggur putih, tergantung jenisnya. Memiliki rasa asam yang tajam, jadi sering digunakan untuk memasak ikan dan daging.

4. Cuka Apel

Cara membuat cuka apel yaitu dengan cara dihancurkan dan diambil airnya. Cuka ini kebalikan dari cuka balsamic. Memiliki tingkat keasamaan yang rendah dan samar-samar ada rasa apelnya.

5. Cuka Malt

Cuka ini terbuat dari bir yang tidak difermentasi dan memiliki rasa asam yang kuat.

6. Cuka Putih Suling

Jenis cuka ini adalah yang paling sering ditemui dan digunakan, baik untuk bahan masakan ataupun membersihkan sesuaitu. Tingkat keasamannya paling ideal, jika digunakan untuk mencuci buah atau sayuran, maka warnanya tidak akan berubah.

Jenis Cuka untuk Bawang Goreng

Nah, diantara beberapa daftar cuka di atas, manakah yang cocok untuk bawang goreng? Menurut Irena Macri dari cooked & loved, berdasarkan pengalamnnya membuat beragam masakan. Jenis cuka terbaik yang bisa digunakan dan diterapkan untuk bawang adalah cuka apel. Rasa asamnya tidak terlalu kuat, sehingga tidak akan begitu mempengaruhi rasa.

Selain cuka apel, irena juga merekomendaskan penggunaan cuka anggur, jika memang tidak ada. Ia sangat tidak merekomendasikan penggunaan cuka biasa atau cuka putih yang biasa kita temukan di tempat makan bakso. Karena menurutnya asamnya terlalu kuat dan rasanya kurang ketika disajikan dengan bawang merah.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, jenis cuka untuk bawang merah atau bawang goreng. Sebaiknya menggunakan cuka dengan keasaman yang rendah, seperti cuka apel. Selain soal keasaman, rasa cuka yang berbeda juga dapat mempengaruhi rasa makanan yang dikenakannya.

Meskipun tingkat keasaman cuka putih suling sangat ideal, karena bahan dan rasanya. Irena merasa kurang cocok jika digunakan untuk bawang merah sebagai bahan dasar bawang goreng. Pendapat ini mungkin tidak sesuai dengan sebagian orang, karena ini soal rasa.

Jadi, kalau kamu mau buat bawang goreng, akan pilih jenis cuka yang mana nih? Kalau mindi sih maunya bawang goreng Nion nion aja, jelas enak, praktis dan tinggal makan. Make life simple!

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Bawang Goreng – Agar bawang goreng tidak melempem, diperlukan usaha lebih untuk melakukannya. Kita seringkali mendengar keluhan bahwa sangat sulit

Tumis Bawang Merah Goreng

Tumis Bawang Merah Goreng

Bawang Merah Goreng – Tumis bawang merah goreng adalah salah satu hidangan yang bisa memberikan efek ‘kecanduan’ setelah memakannya. Kamu