Bawang Goreng

Nion - nion
Kenapa Bawang Goreng Tidak Renyah

Kenapa Bawang Goreng Tidak Renyah

4 Alasan Kenapa Bawang Goreng Tidak Renyah

Bawang Goreng – Alasan kenapa bawang goreng tidak renyah setelah dimasak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, biasanya bawang goreng tetap renyah saat masih hangat. Kerenyahannya menjadi berkurang seiring waktu, apalagi jika sengaja disimpan di ruang terbuka.

Setidaknya ada 4 alasan yang membuat bawang goreng yang kamu buat tidak renyah. Yaitu tingkat kematangan, kandungan minyak dalam bawang goreng, tercampur udara, dan tidak memakai bahan campuran. Berikut ini akan dijelaskan mengapa keempat faktor tersebut jika dibiarkan akan membuat bawang goreng tidak renyah.

Penjelasan lengkapnya simak berikut ini.

1. Tingkat Kematangan

Bawang goreng yang masih dalam keadaan setengah matang, menyerap minyak lebih banyak daripada yang benar-benar matang. Kamu bisa melihat kondisi seurpa saat memasak gorengan tempe. Tempe mendoan yang digoreng setengah matang, tepungnya menyerap banyak minyak dibandingkan goreng tempe yang kering kriuk.

Oleh karena itu, saat memasak bawang goreng pastikan bawang sudah mencapai tingkat kematangan yang sempurna. Biasanya ditandai dengan warna keemasan (bawang goreng sumenep) atau kecoklatan (bawang goreng brebes). Tanda lain bahwa bawang goreng sudah renyah juga mudah patah, dan biasanya bersuara saat diaduk. Karena terjadi gesekan antara bawang dan wajan.

2. Kandungan Minyak Mengendap

Umumnya, pabrik atau pengusaha bawang goreng akan menggunakan alat peniris atau pengering untuk mengurangi kandungan bawang goreng. Karena alat tersebut tidak begitu berguna bagi rumah tangga, maka yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meniriskannya menggunakan penyaring. Setelah tak ada lagi kilatan minyak, taruh bawang goreng di atas tisu agar sisa minyak bisa terserap.

Biarkan hingga bawang menjadi agak dingin dan tidak panas lagi. Jika masakan yang masih panas disimpan dalam wadah tertutup, maka akan muncul uap air di dalam wadah. Itu bisa membuat bawang goreng di dalamnya menjadi basah dan lembek.

3. Dibiarkan di Udara Terbuka

Setelah minyak kering dan bawang goreng tidak hangat lagi. Sebaiknya segera masukkan dalam wadah yang tertutup rapih. Bawang goreng yang dibiarkan ditempat terbuka dan tercampur udara dalam waktu lama akan menjadi lembek.

4. Tidak Memakai Tepung Meski Sedikit

Agar bawang goreng renyah, kamu perlu menambahkan sedikit saja campuran tepung. Supaya renyah bawang goreng menjadi lebih awet tahan lama. Jika bawang goreng tak ditambahkan lapisan tepung tipis, usaha kamu yang lain akan tampak sia-sia. Jadi tambahkanlah meski sedikit, agar bawang goreng garing lebih lama.

Jenis tepung yang digunakan yaitu maizena, bukan tepung terigu. Kenapa? Karena tepung terigu terbuat dari gandum yang mengandung gluten. Di mana gluten dapat membuat makanan menjadi kenyal dan mengembang. Oleh karena itu, ini tidak cocok untuk campuran bawang goreng.

Sifat kenyal dan mengembang dapat menarik minyak. Kenyal identic juga dengan menjadi lembek. Oleh karena itu tepung yang paling tepat untuk kamu gunakan adalah maizena (jagung) atau tepung yang serupa.

Itulah 4 alasan mengapa bawang goreng yang kamu buat tidak renyah. Bisa jadi karena salah satunya tidak terpenuhi. Memang tidak mudah membuatnya sendiri, apalagi jika kamu sering menggunakan bawang goreng di setiap masakan yang dibuat.

Daripada sibuk membuat dan menjaganya agar tetap renyah, lebih baik membeli bawang goreng kemasan dari nion nion. Sudah jelas produk tetap renyah dan mampu bertahan dalam rentang waktu lebih dari 3 bulan. Tinggal pandai-pandai kamu menyimpannya saja. Maka membuat bawang goreng sendiri di rumah, tidak lagi diperlukan.

Gimana menurut kamu?

Artikel Terkait

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Bawang Goreng – Agar bawang goreng tidak melempem, diperlukan usaha lebih untuk melakukannya. Kita seringkali mendengar keluhan bahwa sangat sulit

Tumis Bawang Merah Goreng

Tumis Bawang Merah Goreng

Bawang Merah Goreng – Tumis bawang merah goreng adalah salah satu hidangan yang bisa memberikan efek ‘kecanduan’ setelah memakannya. Kamu