Bawang Goreng

Nion - nion
Cara Goreng Bawang Putih

Cara Goreng Bawang Putih

Bawang Putih Goreng – Cara goreng bawang putih agar tidak pahit dan gosong memerlukan trik khusus. Kunci keberhasilan membuat bawang putih goreng adalah soal waktu. Bawang putih termasuk salah satu bahan makanan yang sangat mudah gosong dan pahit. Jika tidak dilakukan hati-hati, menggoreng bawang putih bisa sia-sia belaka.

Cara goreng bawang putih harus menghindari setidaknya 3 hal. Hal ini perlu diingat sejak awal sebelum memasak bawang putih. Berikut ini 3 hal yang perlu dihindari saat menggoreng bawang putih.

1. Jangan menggoreng bawang putih terlalu lama

Bawang putih mengandung senyawa utama yang disebut allicin. Senyawa ini yang menyebabkan rasa pahit atau ketir pada bawang putih goreng atau bawang mentah. Saat senyawa tersebut terkena panas terlalu lama, maka akan timbul rasa pahit. Tanda goreng bawang putih sudah menjadi pahit adalah apabila setiap sisinya sudah berwarna coklat gelap. Jadi, jangan sampai cara goreng bawang putih yang kamu lakukan membuatnya sampai berwarna coklat.

2. Hindari mencincang bawang putih

Mencincang bawang putih berarti membuatnya menjadi semakin kecil dan tipis. Kita tahu betul bahwa makanan yang tipis lebih mudah matang dibandingkan yang tebal. Ini sangat berlaku bagi bawang putih goreng. Sifat bawang putih sendiri sangat mudah matang, oleh karenanya bawang putih selalu dimasukkan terakhir saat memasak. Jika kamu membuat bawang putih goreng dengan cara dicincang dan memasaknya menggunakan kompor, besar kemungkinan bawang putih menjadi cepat matang dan gosong.

3. Jangan memasak saat minyak belum mendidih

Memasukkan bawang putih pada minyak yang belum mendidih atau panas, akan membuat minyak terperangkap dan menyerap dalam bawang. Ini memungkinkan bawang lebih mudah melempem dan tidak renyah. Jadi jangan menggoreng lebih awal saat minyak masih dingin. Gorenglah saat minyak sudah panas dan siap menggoreng.

Cara Menggoreng Bawang Putih

Jika 3 hal yang perlu dihindari saat menggoreng bawang putih sudah dipahami dengan baik. Sekarang saatnya memasak menggunakan cara goreng bawang putih yang benar. Kamu bisa membaca artikel ini sambil mempraktikannya langsung agar lebih teruji.

  1. Gunakan wajan yang lebih besar agar bawang goreng terendam minyak dan mudah diaduk dan dibalik.
  2. Panaskan minyak dengan api sedang.
  3. Saat sudah tampak panas, masukkan semua irisan bawang putih. Terus aduk dengan spatula hingga bawang tampak menggelembung. Waktunya sekitar 2-3 menit.
  4. Terus menggoreng, sering-seringlah mengaduk terutama pada bagian bawah wajan agar tidak ada yang menempel dan gosong.
  5. Saat bawang berwarna coklat keemasan yang pucat, segera angkat bawang dari minyak. Lakukan dengan cepat.
  6. Bawang yang telah diangkat kemudian ditiriskan agar minyaknya turun.
  7. Setelah itu, pindahkan bawang putih goreng pada wadah yang datar dan sebarkan merata. Taburi dengan garam dan sedikit gula. Penambahan gula putih akan menetralisir rasa pahit pada bawang putih tanpa membuatnya manis.
  8. Jika gula sudah mengering. Pindahkan bawang pada kertas minyak atau tisu dapur agar lebih cepat kering. Lalu barulah simpan di tempat yang kedap udara.

Sekarang kamu sudah bisa melakukan cara goreng bawang putih dengan tepat. Semoga dengan cara ini bawang putih goreng kamu tidak pahit lagi dan enak di makan.

Butuh bawang putih goreng? Kunjungi produsen bawang goreng Nion-nion yuk. Ada banyak aneka  bawang goreng untuk masakan dan pendamping makan mu.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait