Bawang Goreng

Nion - nion
Agar Bawang Goreng Renyah

Agar Bawang Goreng Renyah

Wajib Tahu! Alasan Harus Mengikuti 3 Trik Ini Agar Bawang Goreng Renyah

Bawang Goreng – Hal yang paling diharapkan saat membuat bawang goreng adalah agar bawang goreng renyah saat diangkat dan disajikan. Namun, persoalan yang seringkali timbul, bawang goreng hanya renyah untuk waktu yang singkat. Bahkan seringkali bawang goreng menjadi lembek sesaat setelah panasnya hilang atau saat sudah dingin. Karena persoalan tersebut, kamu dituntut untuk menemukan solusi agar bawang goreng renyah hingga disajikan pada momen makan atau saat diperlukan.

Ada banyak artikel yang membahas persoalan tersebut. Namun tidak menjelaskan secara mendetail mengapa prosedur tersebut harus dilakukan. Nah, dalam artikel ini mindi akan membantu kamu memahami bagaimana caranya memasak bawang goreng renyah. Dan mengapa kamu perlu mengikuti 3 trik berikut agar masalah kamu teratasi.

Penasaran kenapa harus mengikuti 3 trik agar bawang goreng renyah ini? Simak lengkapnya berikut ini ya.

Cara Agar Bawang Goreng Renyah

1. Perlu direndam cuka

Salah satu cara membuat bawang goreng renyah adalah dengan merendamnya dengann cuka sebelum digoreng. Cuka dikenal sebagai bahan yang mampu menghambat oksidasi. Sehingga bahan makanan yang direndam dengan cuka tidak mudah busuk atau menghitam. Cuka mampu mengawetkan makanan. Jika kamu menggunakan cuka untuk merendam bawang merah, maka hasilnya selain renyah juga awet dan tahan lama.

Kamu hanya perlu menambahkan 2 sdm cuka di dalam air perendaman untuk 1kg bawang merah yang telah diiris. Waktu perendaman sekitar 15 menit, setelahnya cuci dengan bersih menggunakan air mengalir untuk bagian terakhir.

2. Perlu ditambah tepung

Bawang goreng tidak akan renyah dalam waktu yang lama jika tanpa bantuan bahan lain. Sama halnya dengan masakan lain yang akan lembek pada akhirnya. Karena bawang merah pada dasarnya mengandung air. Jadi, jika kamu tidak menambahkan tepung maizena atau tepung beras dalam prosesnya. Maka tidak ada yang membantu bawang goreng untuk menjadi renyah. Jadi sebaiknya kamu tambahkan tepung, tidak perlu dalam jumlah banyak cukup sedikit saja.

Agar tepung merata teraduk pada bawang yang akan digoreng. Sebaiknya tiriskan adan anginkan  terlebih dahulu bawang merah yang sudah direndam dan dicuci, agar airnya tidak menyerap banyak tepung. Kamu bisa mengaduknya menggunakan toples, caranya seperti proses memberi gula halus pada donat.

3. Perlu ditiriskan sebelum dikeringkan

Bawang goreng saat diangkat dari wajan mengandung banyak minyak. Kandungan minyak yang terserap inilah yang dapat membuat bawang goreng lebih cepat melempem. Karena tidak ada mesin spinner di rumah, kamu bisa mengurangi jumlah minyak yang terperangkap dengan cara meniriskan bawang sesaat setelah diangkat.

Jangan langsung memindahkannya pada tisu atau kain penyerap minyak. Cara yang benar adalah meniriskannya terlebih dahulu menggunakan penyaring. Agar minyak turun perlahan dari bawang goreng. Baru setelah tampak kering, pindahkan pada kertas penyerap minyak agar makin kering. Kemudian simpan di toples dengan rapi.

Sekarang membuat bawang goreng renyah bukan lagi masalah. Kamu bisa memakannya sebagai pendamping nasi setiap kali dibutuhkan. Bisa juga untuk taburan atau toping masakan lain.

Jika kamu memerlukan bawang goreng dalam jumlah banyak atau ingin rasa bawang goreng yang beda. Yuk Cobain bawang goreng Nion nion aneka varian bahkan ada yang mix teri dan udang rebon! Kuy order dengan klik ikon Whatsapp, jangan sampai kehabisan stoknya.

Happy shopping!

Artikel Terkait

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Bawang Goreng – Agar bawang goreng tidak melempem, diperlukan usaha lebih untuk melakukannya. Kita seringkali mendengar keluhan bahwa sangat sulit

Tumis Bawang Merah Goreng

Tumis Bawang Merah Goreng

Bawang Merah Goreng – Tumis bawang merah goreng adalah salah satu hidangan yang bisa memberikan efek ‘kecanduan’ setelah memakannya. Kamu