Bawang Goreng

Nion - nion
Bawang Goreng Renyah dengan Cuka

Bawang Goreng Renyah dengan Cuka?

Bawang Goreng Renyah dengan Cuka – Di negara barat, cuka sering digunakan untuk membuat salad atau melunakkan daging. Sebagian cuka juga bisa membuat bahan makanan memiliki warna yang segar dan cantik. Sehingga pas sekali dengan image salad yang menggunakan bahan-bahan segar.

Di Indonesia, cuka menjadi ramai digunakan salah satunya untuk membuat bawang goreng renyah. Itulah mengapa hasil penelusuran memunculkan istilah bawang goreng renyah dengan cuka. 

Sebelumnya sama sekali tak terpikir, dari mana ide menambahkan cuka untuk bawang goreng ini berasal. Apakah memang benar bawang goreng renyah dengan cuka? Mari cek faktanya.

Dalam artikel sebelumnya, fungsi cuka untuk bawang goreng, disebutkan beberapa kegunaan cuka menurut publikasi dari school of public helath, Harvard. Untuk mengingat kembali, mari kita uraikan lagi dengan versi yang telah diperbaiki. 

  1. Cuka yang ditambahkan pada masakan dengan porsi pas dapat membuat makanan menjadi kaya rasa dan seimbang.
  2. Cuka dapat melunakkan, melembutkan atau sedikit mengubah tekstur bahan makanan yang direndam olehnya.
  3. Cuka dapat digunakan sebagai pembersih dan pengawet bahan makanan. Saat bawang direndam dengan cuka, warnanya akan menjadi lebih cerah dan cantik. Juga bebas dari bakteri (ada pengcecualian).
Bagaimana Bawang Goreng Bisa Renyah Dengan Tambahan Cuka?

Dalam artikel fungsi cuka untuk bawang goreng, ada kekeliruan dari penulis saat menyebutkan:

“Penggunaan cuka pada masakan dapat membuat rasanya lebih kuat dan seimbang, sehingga makanan kaya akan rasa. Dalam kasus fungsi cuka untuk bawang goreng, tambahan cairan cuka saat mencuci bawang merah dapat membuat rasa bawangnya makin kuat dan terasa”.

Paragraph pertama dari kalimat di atas adalah fakta, yang keliru adalah bagian kesimpulan. Nyatanya, restoran yang menyajikan salad, seperti disebutkan oleh seriouseats.com & wonderhowto.com, menggunakan cuka untuk mengurangi rasa pedas pada bawang merah – bahan untuk salad. 

Jadi, adalah salah jika penambahan cuka pada bawang setelah digoreng rasanya makin kuat. Padahal cuka digunakan untuk mengurangi senyawa belerang yang dihasilkan dari sel bawang merah saat diiris. Sebagai catatan, senyawa belerang ini yang membuat bawang merah rasanya pedas, tidak nyaman di mulut.

Selain itu, merendam bawang merah sebagai bahan utama bawang goreng dengan cuka, juga tidak untuk membuatnya renyah. Sebaliknya, menjadi lebih lembut.

Fakta Bawang Goreng Renyah dengan Cuka

Semua uraian di atas sebenarnya ingin menjawab pertanyaan “apa gunanya menambahkan cuka pada bawang merah untuk bawang goreng?”

Setelah merangkum dari berbagai sumber, fakta mencampurkan cuka pada bawang merah bukan untuk memperoleh bawang goreng yang renyah. Melainkan agar bawang merah sebagai bahan dasar:

  1. Bebas dari bakteri
  2. Bisa bertahan lama, tetap segar, setelah dipotong-potong halus, sebelum akhirnya digoreng. Setelah sebelumnya direndam dengan cuka dan dimasukkan ke dalam lemari es.

Sejauh ini cara membuat bawang goreng renyah adalah mencampurkannya dengan tepung. Dan menghilangkan minyaknya sekering mungkin, agar tidak jadi lembek. 

Namun, jika kamu ingin membuat bawang merahnya yang renyah, ada caranya! Cukup rendam irisan bawang merah dalam air es. Merendam bawang merah dalam air es selama 20 – 30 menit akan membuatnya sangat renyah. Karena bawang merah menjadi beku dan mengandung banyak air.

Sudah ada bawang goreng Nion nion siap saji bestie. Ada rasa original, pedas, bawang goreng mix teri udang, dan lainnya. Seharusnya tidak perlu memusingkan bagaimana cara membuatnya jadi renyah lagi. Oke?

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait