Bawang Goreng

Nion - nion
Fungsi Cuka Untuk Bawang Goreng

Fungsi Cuka untuk Bawang Goreng

Fungsi Cuka Untuk Bawang Goreng – Pernahkah kamu mendengar proses pembuatan bawang goreng dengan cuka? Memang terdengar tidak biasa, namun banyak tersebar resep memasak bawang goreng dengan tambahan bahan tersebut. Konon, penggunaan cuka dapat membuat bawang goreng lebih renyah dan crispy. Lantas seperti apa fungsi cuka pada bawang goreng sehingga diyakini demikian? Temukan jawabannya di sini.

Cuka sendiri merupakan cairan asam yang dihasilkan dari proses fermentasi dua Langkah antara asam asetat dan air. Asam asetat berasal dari ragi, yang jika disatukan dan disimpan dengan buah-buahan, biji-bijian, nasi atau kentang dapat membuatnya berfermentasi menjadi alkohol.

Saat alkohol terkena oksigen dan bakteri asam asetat, kemudian masih disimpan dalam beberapa pekan. Maka cairan fermentasi itulah yang kemudian berubah menjadi cuka. Bahan yang digunakan untuk masakan dan diyakini bisa membuat bawang goreng jadi renyah.

Fungsi Cuka

Sumber gambar : Health.com

Dilansir dari school of public helath, Harvard, penggunaan cuka untuk bahan makanan sebagai berikut:

  1. Penggunaan cuka pada masakan dapat membuat rasanya lebih kuat dan seimbang, sehingga makanan kaya akan rasa. Dalam kasus fungsi cuka untuk bawang goreng, tambahan cairan cuka saat mencuci bawang merah dapat membuat rasa bawangnya makin kuat dan terasa.
  2. Cuka dapat mengubah tekstur dari bahan makanan. Oleh karena itu cuka seringkali digunakan untuk merendam daging, agar mudah empuk
  3. Terakhir, cuka dapat membuat bahan makanan jadi awet dan tahan lama juga membuat warnanya menjadi lebih cerah.

Fungsi cuka untuk bawang goreng di poin terakhir bisa digunakan sebagai pengawet. Dengan merendam bawang merah dan garam selama 10-15 menit, kemudian disimpan dalam lemari es. Akan membuat warna bawang merah jadi semakin merah dan cantik.

Proses pengasinan ini juga membunuh bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan. Oleh karena itu, setelah digoreng warna bawang merah bagus dan dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Karena sebelumnya pernah diawetkan atau diasinkan dengan menggunakan cuka dan garam.

Bagaimana Penggunaan Cuka Untuk Bawang Goreng?

Itulah sedikit penjelasan soal fungsi cuka untuk bawang goreng dan fungsinya secara umum. Berdasarkan poin-poin di atas, penerapannya pada bawang goreng hanya digunakan saat proses mencuci atau merendam saja.

Jangan melarutkan cuka langsung pada bawang saat digoreng atau tidak dicuci bersih setelah direndam. Cuka memiliki rasa asam, tentu akan berpengaruh pada rasa bawang goreng jika digunakan secara langsung. Sebaiknya bersihkan bawang merah setelah direndam dengan cuka dengan air mengalir, sebagaimana sering dilakukan oleh youtuber acara memasak.

Kecuali untuk tambahan bumbu pada masakan, maka kamu bisa menggunakannya langsung. Seperti kuah bakso, pempek, salad, dan lainnya yang membutuhkan bantuan rasa asam.

Sebelum menggunakan cuka untuk membuat bawang goreng, sebaiknya cari tahu dulu jenis-jenis cuka yang cocok digunakan agar tidak salah. Pembahasan soal jenis-jenis cuka untuk bawang goreng akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Namun, ada baiknya jika butuh bawang goreng tidak membuatnya sendiri. Sekarang sudah ada bawang goreng Nion nion pendamping makan siap saji. Jadi kamu tak perlu banyak memilah dan memilih bahan untuk membuat bawang goreng. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Agar Bawang Goreng Tidak Melempem

Bawang Goreng – Agar bawang goreng tidak melempem, diperlukan usaha lebih untuk melakukannya. Kita seringkali mendengar keluhan bahwa sangat sulit

Tumis Bawang Merah Goreng

Tumis Bawang Merah Goreng

Bawang Merah Goreng – Tumis bawang merah goreng adalah salah satu hidangan yang bisa memberikan efek ‘kecanduan’ setelah memakannya. Kamu