Bawang Goreng

Nion - nion
Tepung Untuk Bawang Goreng

Tepung Untuk Bawang Goreng

Tepung Untuk Bawang Goreng – Kamu sudah tahu bukan bahwa untuk mendapatkan bawang goreng yang renyah dan tahan lama. Diperlukan tepung sebagai bahan tambahan “pengeras” bawang goreng. Tanpa campuran tepung, bawang goreng bisa kehilangan kerenyahannya bahkan dalam 1 jam saat disimpan dalam suhu ruang.

Untuk menghindari bawang goreng hal tersebut terjadi, digunakanlah tepung. Tujuannya untuk memperlambat bawang goreng menjadi lembek. Tepung yang dipilih juga tidak sembarangan, karena tepung tertentu justru membuat bawang goreng jadi cepat lembek. Karena menyerap terlalu banyak minyak. Lalu, apakah jenis tepung untuk bawang goreng itu?

Tepung untuk bawang goreng adalah jenis tepung yang bebas dari gluten. Tepung yang mengandung banyak gluten, membuat bawang goreng lembek dan menyerap lebih banyak minyak. Alih-alih membuatnya renyah tahan lama.

Sebelum membahas tepung untuk bawang goreng, lebih baik kamu pahami terlebih dahulu apa itu gluten. Mengapa gluten menyebabkan masakan menjadi tidak renyah. Dan di jenis tepung apakah gluten banyak ditemukan.

Apa itu gluten?

Menurut salah satu publikasi dari school of public health Harvard, gluten adalah protein yang ditemukan pada biji-bijian seperti gandum dan jelai. Gluten bekerja sebagai pengikat, yang menyatukan bahan makanan dan membuatnya elastis.

Tepung dengan kandungan gluten sering digunakan untuk membuat adonan roti, pizza, martabak telur, dan lainnya. Di mana semua hidangan tersebut dibuat dengan adonan yang kenyal. Tanpa kandungan gluten, adonan tidak akan menyatu dan mudah robek.

Tepung Yang Mengandung Gluten
Sumber gambar: nhm.ac.uk

Gluten terdapat pada tepung yang terbuat dari gandum atau biji-bijian. Di antara beberapa tepung yang sering kita temui di dapur, terigu adalah tepung yang berasal dari gandum yang digiling. Jadi tak heran jika tepung terigu sering digunakan untuk membuat adonan dalam masakan. Karena gluten dalam tepung ini mampu membuat adonan elastis dan mudah dibentuk.

Di pasaran, tepung terigu terbagi menjadi tiga. Yaitu tepung terigu protein rendah, protein sedang dan protein tinggi. Tepung dengan kandungan gluten paling tinggilah yang disebut tepung terigu protein tinggi.

Sementara itu, tepung lainnya ada yang terbuat dari sayuran seperti jagung (tepung maizena) dan dari biji beras (tepung beras). Tentunya bebas dari gluten dan tidak membuat masakan jadi kenyal.

Tepung Untuk Bawang Goreng Renyah

Tepung yang mengandung gluten dapat menyerap minyak dan kelembapan. Semakin banyak gluten, maka teksturnya akan semakin kenyal dan berminyak. Karena alasan inilah, tepung terigu sebaiknya dihindari saat kamu ingin membuat masakan yang renyah.

Jika bawang goreng dimasak dengan campuran tepung terigu, maka hasilnya bawang akan lebih cepat melempem atau lembek. Kecepatannya akan melebihi saat bawang tak menggunakan campuran apapun. Kenapa demikian? Sudah sangat jelas, bahwa tepung menyerap minyak. Bawang goreng tak boleh mengandung banyak minyak jika ingin renyah. Oleh karena itu, pabrik bawang goreng biasanya memiliki alat khusus untuk mengeringkan minyak. Supaya bawang goreng bebas minyak berlebih.

Karena alasan itulah, tepung beras dan tepung maizena bekerja lebih baik dalam membuat bawang goreng renyah. Keduanya tidak menyerap banyak minyak saat proses menggoreng. Sehingga hasilnya masakan yang dibuat menjadi renyah tahan lama.

Sampai di sini sudah paham bukan harus menggunakan tepung apa untuk bawang goreng. Ingat, gunakan tepung maizena atau tepung beras jika ingin membuat masakan jadi renyah!

Semoga bermanfaat

Artikel Terkait